UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Disusun untuk memenuhi
tugas mata kuliah
” Metodologi Penelitian ”
Dosen Pengampu:
Iswadi, M. Pd
PROPOSAL POLA
PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD CAHAYA BUNDA, BUKIT
DURI, JAKARTA SELATAN
Oleh:
BETTY NILA PURNAMASARI
NPM : 20158410228
KELAS : F
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
KUSUMA NEGARA JAKARTA
2016
PROPOSAL POLA
PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD CAHAYA BUNDA, BUKIT
DURI, JAKARTA SELATAN
Nama
Peneliti : Betty Nila P.
NPM : 20158410228
Unit
Kerja : PAUD Cahaya Bunda
Judul Penelitian : Pola Pengelolaan Pendidikan Anak
Usia Dini di Paud Cahaya Bunda Bukit duri tahun ajaran 2016-2017
Hasil Nilai presentasi :
95
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu yang menjadi tujuan utama dalam dunia
pendidikan saat ini adalah pemerataan pendidikan baik dari wilayah perkotaan
maupun pedesaan.Macam-macam lingkungan pendidikan itu sendiri yaitu pendidikan
di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.UU no. 20
tahun 2003 tentang system pendidikan nasional telah dijelaskan bahwa pendidikan
terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah,
dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan sistematik.
Di dalam UU no.20 tahun 2003 pasal 28 dijelaskan bahwa
pendidikan anak usia dini dapat diselenggrakan melalui pendidikan formal, non
formal dan informal.Pada hakekatnya pendidikan yang diselenggarakan dengan
tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh
atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak.
Dengan bertumbuhnya PAUD di setiap daerah dan pelosok di
Indonesia, maka perlu diperhatikan bagaimana pengelolaan PAUD yang baik dan
sesuai dengan standar yang berlaku serta memiliki program-program administrasi
yang tertata sehingga program belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan
pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang berkualitas untuk memasuki
jenjang pendidikan berikutnya.
Prinsip Dasar Keilmuan PAUD Pengelolaan pendidikan yang akan dilaksanakan harus
didasarkan pada pemahaman tentang teori perkembangan dan pertumbuhan anak usia
dini : 1. Bermain Menurut Teori Psikoanalisa, Bermain mengembangkan rasa
percaya diri dan kemampuan sosial (Erikson, 1963 ) 2. Bermain Menurut Teori
Kognitif, Bermain merupakan proses berpikir secara fleksibel dan proses
pemecahan masalah (Sutton-Smith, 1986) 3. Bermain Menurut Teori Belajar Sosial,
Bermain akan mengembangkan kemampuan memahami perasaan, ide-ide dan kebutuhan
orang lain yang merupakan dasar dari kemampuan sosial (vygotsky, 1967).
Kajian terhadap keberadaan PAUD
dalam sistem pendidikan nasional perlu banyak dilakukan, baik kajian terhadap aspek-aspek
filosofisnya maupun aspek-aspek teknis, berupa kuirkulum maupun proses
pembelajaran PAUD di lapangan. Melalui hal tersebut diharapkan pengembangan
PAUD dapat lebih meningkat, demi menunjang tercapainya tujuan pendidikan, yakni
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. (Depdiknas, 2007).
Dalam
Pengelolaan PAUD tentunya harus memperhatikan berbagai aspek antara lain
Perencanaan Program Kerja, Struktur Organisasi, Standard Pendidik, model
pembelajaran serta perencanaan program belajar dari program tahunan sampai
dengan program harian.
B.
Fokus
Penelitian
Penelitian difokuskan Pola
Pengelolaan pada Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta
Selatan.Sudut tinjauan dari pengelolaan PAUD melalui bagaimana pengorganisasian
lembaga PAUD, Perencanaan program PAUD baik dari sisi administrasi dan maupun
program belajar, kualitas guru pendidik agar dapat melakukan transfer ilmu
dengan baik dan sesuai dengan standar yang berlaku, monitoring dan control dari
kegiatan administrasi lembaga dan program pembelajaran, dan yang terakhir
adalah evaluasi dari semua proses yang dilaksanakan serta memastikan apakah
perencanaan sudah sesuai atau diperlukan perbaikan.
C.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
Pola pengelolaan pendidikan anak usia dini dan hasilnya di PAUD Cahaya Bunda
Bukit duri Jakarta Selatan ?
2. Apa
saja yang menjadi faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pengelolaan
pendidikan anak usia dini PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan ?
D.
Kegunaan
Penelitian
a. Peneliti berharap dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan
khusunya pendidikan anak usia dini untuk lebih memajukan dunia pendidikan dan
diharapkan dapat menjadikan rujukan untuk peneliti selanjutnya
b. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar faktor pendukung,
penghambat dan solusi dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini PAUD Cahaya
Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.
Deskripsi
Konseptual Fokus
Anak usia dini, yakni anak dengan usia pra-sekolah (0-6
tahun) berdasarkan berbagai penelitian merupakan masa keemasan manusia (golden
age), di mana kecerdasan manusia ditentukan pada masa-masa ini (Hariwijaya,
2007:32). Dengan adanya pendidikan anak usia dini diharapkan anak dapat tumbuh
dengan segala potensinya, sehingga ia mampu membangun dirinya, lingkungan dan
bangsanya.
Hakekat Pendidikan anak
usia dini, pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan yang
diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan
anak secara menyeluruh atau menekankan pada aspek perkembangan anak secara
optimal dan menyeluruh sesuai dengan norma dan nilai-nilai kehidupan yang
dianut (Solehuddin , 1997). Jadi sejak dini pertumbuhan dan perkembangan anak selalu
dipantau agar terarah dan nantinya akan membentuk karakter dan kepribadian anak
yang baik dan mempersiapkan anak untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya
dengan harapan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.
Tujuan
dan fungsi pendidikan anak usia dini. Pendidikan pada anak usia dini pada
dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan
orang tua dalam proses perawatan, pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan
menciptakan aura dan lingkungan dimana anak dapat mengeksplorasi pengalaman
yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahuai dan memahami pengalaman
belajar yang diperolehnya dari lingkungan, melalui cara mengamati, meniru dan
bereksperimen yang berlangsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh
potensi dan kecerdasan
anak.
Standar
pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dibutuhkan dalam
merencanakan , melaksanakan proses pembelajaran serta melakukan pembimbingan,
pengasuhan dan perlindungan anak didik.Untuk hal tersebut diperlukannya
kualifikasi khusus untuk guru PAUD melalui pendidikan formal serta
pelatihan-pelatihan yang terkait dengan pendidikan anak usia dini. Peran
pendidik dalam pendidikan anak usia dini. (Permendikbud StanBAB VII pasal 24
Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan)
Pengelolaan
PAUD merupakan hal yang penting agar PAUD dapat berkembang di era global dan
bersaing dengan PAUD yang lain. Pengelolaan berasal dari kata “kelola” yang
artinya ketata laksanaan, tata pimpinan dan tata kelola.Manajemen atau
pengelolaan adalah pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan yang
sesuai dengan system pendidikan nasional (Undang-undang no 20 tahun 2003)
Peran
guru anak usia dini lebih sebagai mentor atau fasilitator, dan bukan
penstranfer ilmu pengetahuan sementara, karena ilmu tidak dapat ditransfer dari
guru kepada anak tanpa keaktifan anak itu sendiri dalam proses pembelajaran,
tekanan harus diletakkan pada pemikiran guru dan dibutuhkan kompetensi guru (Undang-undang
no.14 tahun 2005, pasal 20)
Merujuk
UU RI No. 14 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 1: dinyatkan bahwa guru adalah pendidik
profesional dengan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai dan mengevaluasi anak pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang
pendidikan dasar, menengah, temasuk pendidikan anak usia dini.
E.
Hasil
Penelitian yang relevan
Sebelum peneliti menemukan
beberapa penelitian dengan judul yang hampir sama.Peneliti telah menelusuri
beberapa skripsi terdahulu yang membahas pendidikan anak usia dini
a. Penelitian
yang ditulis oleh M. Fikri Amrillah tahun 2013 yang diterbitkan oleh Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan keguruan dengan judul “Efektifitas Pembelajaran melalui media
lagu di PAUD Lestari Purworejo”, Penelitian tersebut berisi tentang proses
pembelajaran yang menggunakan media lagu, disamping itu pada setiap awal
kegiatan belajar mengajar juga menggunakan media lagu, hal itu dimaksud sebagai
pengembangan motivasi anak.Skripsi itu menyimpulkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media lagu dapat dikatakan efektif.
b. Penelitian
lain di tulis oleh Nur”Aini pada tahun 2013 diterbitkan oleh Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan KEguruan dengan judul “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini dalam
mempersiapkan ke jenjang pendidikan dasar”.Dalam penelitiannya peneliti
membahas mengenai program Pendidikan Anak Usia Dini telah memainkan peranan
penting dalam proses pendampingan bagi anak-anak usia dini.
F.
Tujuan
Penelitian
Tujuan peneliti yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Untuk
mengetahui bagaimana pola pengelolaan pendidikan anak usia dini di PAUD Cahaya
Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan
b. Untuk
mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pendidikan anak usia
dini di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan
G.
Metode
Penelitian
Metode penelitian
menggunakan metode pendekatan kwalitatif
dengan mendapatkan data dari kegiatan pengelolaan PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri.
H.
Tempat
dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan
selama 1 bulan dan dilaksanakan di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.
I.
Latar
Penelitian
Pada kenyataannya masih banyak masyarakat baik di
perkotaan maupun pedesaan yang belum mendapat pendidikan yang layak sebagai
mana mestinya..Untuk hal tersebut maka perlu adanya PAUD yang terkelola dengan
baik yang dapat mencapai tujuan dengan menghasilkan peserta didik yang
berkualitas untuk mempersiapkan ke jenjang berikutnya.
Untuk itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui
pola Pengelolaan PAUD Khususnya di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri.
J.
Data
dan Sumber Data
Data yang dikumpulkan
berdasarkan data primer dan sekunder melalui informasi, peristiwa dalam
implementasi kegiatan pengelolaan PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.
K.
Teknik
Pengumpulan Data
Penelitian dilakukan dengan
mengambil data dari observasi , wawancara dan dokumen-dokumen dari PAUD Cahaya
Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan
Model siklus yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan Arikunto (2008:3) yang
terdiri dari: 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan
(observing) 4) refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen itu dipandang
sebagai satu siklus.
L.
Pemeriksaan
Keabsahan data
M.
Teknik
analisis data
Metode yang
digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif analitik, yakni
dengan mengungkapkan masalah-masalah yang dikaji dan kemudian dianalisis
berdasarkan teori-teori yang ada dan pengetahuan penulis.
Adapun teknis
penulisan yang digunakan adalah kajian kepustakaan dan observasi terhadap
proses pembelajaran PAUD yang selama ini dilakukan penulis.
Daftar Pustaka
Undang-undang
no 20 tahun 2003
UU
RI No. 14 Tahun 2005
Asmani
, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta
: DIVA Press
Baraja, Abu Bakar. 2006 . Mendidik Anak Dengan Teladan. Jakarta : Studia Press
Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional
Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Anak Lahir S.D 6 Tahun. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional
Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia (2002). Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Dan Pemuda.
Baraja, Abu Bakar. 2006 . Mendidik Anak Dengan Teladan. Jakarta : Studia Press
Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional
Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Anak Lahir S.D 6 Tahun. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional
Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia (2002). Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Dan Pemuda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar