here we are

here we are

Sabtu, 31 Desember 2016

Proposal Penelitian PAUD Oleh Betty Nila P

UJIAN TENGAH  SEMESTER (UTS)

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah

  ” Metodologi Penelitian ”
Dosen Pengampu:
Iswadi, M. Pd


PROPOSAL POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD CAHAYA BUNDA, BUKIT DURI, JAKARTA SELATAN


  
Oleh:
BETTY NILA PURNAMASARI
NPM : 20158410228
KELAS : F



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
               SEKOLAH TINGGI KEGURUAN  DAN  ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
KUSUMA NEGARA JAKARTA
2016




PROPOSAL POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD CAHAYA BUNDA, BUKIT DURI, JAKARTA SELATAN


Nama Peneliti          : Betty Nila P.
NPM                        : 20158410228
Unit Kerja                : PAUD Cahaya Bunda
Judul Penelitian       : Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Paud Cahaya Bunda Bukit duri tahun ajaran 2016-2017
Hasil Nilai presentasi : 95

A.   Latar Belakang Masalah
Salah satu yang menjadi tujuan utama dalam dunia pendidikan saat ini adalah pemerataan pendidikan baik dari wilayah perkotaan maupun pedesaan.Macam-macam lingkungan pendidikan itu sendiri yaitu pendidikan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.UU no. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional telah dijelaskan bahwa pendidikan terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan sistematik.

Di dalam UU no.20 tahun 2003 pasal 28 dijelaskan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diselenggrakan melalui pendidikan formal, non formal dan informal.Pada hakekatnya pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak.

Dengan bertumbuhnya PAUD di setiap daerah dan pelosok di Indonesia, maka perlu diperhatikan bagaimana pengelolaan PAUD yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku serta memiliki program-program administrasi yang tertata sehingga program belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang berkualitas untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Prinsip Dasar Keilmuan PAUD Pengelolaan pendidikan yang akan dilaksanakan harus didasarkan pada pemahaman tentang teori perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini : 1. Bermain Menurut Teori Psikoanalisa, Bermain mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial (Erikson, 1963 ) 2. Bermain Menurut Teori Kognitif, Bermain merupakan proses berpikir secara fleksibel dan proses pemecahan masalah (Sutton-Smith, 1986) 3. Bermain Menurut Teori Belajar Sosial, Bermain akan mengembangkan kemampuan memahami perasaan, ide-ide dan kebutuhan orang lain yang merupakan dasar dari kemampuan sosial (vygotsky, 1967).

Kajian terhadap keberadaan PAUD dalam sistem pendidikan nasional perlu banyak dilakukan, baik kajian terhadap aspek-aspek filosofisnya maupun aspek-aspek teknis, berupa kuirkulum maupun proses pembelajaran PAUD di lapangan. Melalui hal tersebut diharapkan pengembangan PAUD dapat lebih meningkat, demi menunjang tercapainya tujuan pendidikan, yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (Depdiknas, 2007).

Dalam Pengelolaan PAUD tentunya harus memperhatikan berbagai aspek antara lain Perencanaan Program Kerja, Struktur Organisasi, Standard Pendidik, model pembelajaran serta perencanaan program belajar dari program tahunan sampai dengan program harian.


B.       Fokus Penelitian
Penelitian difokuskan Pola Pengelolaan pada Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.Sudut tinjauan dari pengelolaan PAUD melalui bagaimana pengorganisasian lembaga PAUD, Perencanaan program PAUD baik dari sisi administrasi dan maupun program belajar, kualitas guru pendidik agar dapat melakukan transfer ilmu dengan baik dan sesuai dengan standar yang berlaku, monitoring dan control dari kegiatan administrasi lembaga dan program pembelajaran, dan yang terakhir adalah evaluasi dari semua proses yang dilaksanakan serta memastikan apakah perencanaan sudah sesuai atau diperlukan perbaikan.

C.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Pola pengelolaan pendidikan anak usia dini dan hasilnya di PAUD Cahaya Bunda Bukit duri Jakarta Selatan ?
2.      Apa saja yang menjadi faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan ?

D.      Kegunaan Penelitian
a.  Peneliti berharap dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khusunya pendidikan anak usia dini untuk lebih memajukan dunia pendidikan dan diharapkan dapat menjadikan rujukan untuk peneliti selanjutnya
b.  Peneliti ingin mengetahui seberapa besar faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.

Deskripsi Konseptual Fokus
Anak usia dini, yakni anak dengan usia pra-sekolah (0-6 tahun) berdasarkan berbagai penelitian merupakan masa keemasan manusia (golden age), di mana kecerdasan manusia ditentukan pada masa-masa ini (Hariwijaya, 2007:32). Dengan adanya pendidikan anak usia dini diharapkan anak dapat tumbuh dengan segala potensinya, sehingga ia mampu membangun dirinya, lingkungan dan bangsanya.
Hakekat Pendidikan anak usia dini, pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada aspek perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh sesuai dengan norma dan nilai-nilai kehidupan yang dianut (Solehuddin , 1997). Jadi sejak dini pertumbuhan dan perkembangan anak selalu dipantau agar terarah dan nantinya akan membentuk karakter dan kepribadian anak yang baik dan mempersiapkan anak untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya dengan harapan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.


Tujuan dan fungsi pendidikan anak usia dini. Pendidikan pada anak usia dini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam proses perawatan, pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan menciptakan aura dan lingkungan dimana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahuai dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan, melalui cara mengamati, meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak.                                           

Standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dibutuhkan dalam merencanakan , melaksanakan proses pembelajaran serta melakukan pembimbingan, pengasuhan dan perlindungan anak didik.Untuk hal tersebut diperlukannya kualifikasi khusus untuk guru PAUD melalui pendidikan formal serta pelatihan-pelatihan yang terkait dengan pendidikan anak usia dini. Peran pendidik dalam pendidikan anak usia dini. (Permendikbud StanBAB VII pasal 24 Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan)
Pengelolaan PAUD merupakan hal yang penting agar PAUD dapat berkembang di era global dan bersaing dengan PAUD yang lain. Pengelolaan berasal dari kata “kelola” yang artinya ketata laksanaan, tata pimpinan dan tata kelola.Manajemen atau pengelolaan adalah pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan yang sesuai dengan system pendidikan nasional (Undang-undang no 20 tahun 2003)
Peran guru anak usia dini lebih sebagai mentor atau fasilitator, dan bukan penstranfer ilmu pengetahuan sementara, karena ilmu tidak dapat ditransfer dari guru kepada anak tanpa keaktifan anak itu sendiri dalam proses pembelajaran, tekanan harus diletakkan pada pemikiran guru dan dibutuhkan kompetensi guru (Undang-undang no.14 tahun 2005, pasal 20)
Merujuk UU RI No. 14 Tahun 2005 Pasal 1 ayat 1: dinyatkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi anak pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang pendidikan dasar, menengah, temasuk pendidikan anak usia dini.




E.       Hasil Penelitian yang relevan
Sebelum peneliti menemukan beberapa penelitian dengan judul yang hampir sama.Peneliti telah menelusuri beberapa skripsi terdahulu yang membahas pendidikan anak usia dini
a.       Penelitian yang ditulis oleh M. Fikri Amrillah tahun 2013 yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan dengan judul “Efektifitas Pembelajaran melalui media lagu di PAUD Lestari Purworejo”, Penelitian tersebut berisi tentang proses pembelajaran yang menggunakan media lagu, disamping itu pada setiap awal kegiatan belajar mengajar juga menggunakan media lagu, hal itu dimaksud sebagai pengembangan motivasi anak.Skripsi itu menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media lagu dapat dikatakan efektif.
b.      Penelitian lain di tulis oleh Nur”Aini pada tahun 2013 diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KEguruan dengan judul “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini dalam mempersiapkan ke jenjang pendidikan dasar”.Dalam penelitiannya peneliti membahas mengenai program Pendidikan Anak Usia Dini telah memainkan peranan penting dalam proses pendampingan bagi anak-anak usia dini.

F.       Tujuan Penelitian

Tujuan peneliti yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui bagaimana pola pengelolaan pendidikan anak usia dini di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan
b.      Untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam pendidikan anak usia dini di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan

G.      Metode Penelitian
Metode penelitian menggunakan metode pendekatan  kwalitatif dengan mendapatkan data dari kegiatan pengelolaan PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri.

H.      Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan dan dilaksanakan di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.

I.         Latar Penelitian
Pada kenyataannya masih banyak masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan yang belum mendapat pendidikan yang layak sebagai mana mestinya..Untuk hal tersebut maka perlu adanya PAUD yang terkelola dengan baik yang dapat mencapai tujuan dengan menghasilkan peserta didik yang berkualitas untuk mempersiapkan ke jenjang berikutnya.
Untuk itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pola Pengelolaan PAUD Khususnya di PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri.

J.        Data dan Sumber Data
Data yang dikumpulkan berdasarkan data primer dan sekunder melalui informasi, peristiwa dalam implementasi kegiatan pengelolaan PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan.

K.      Teknik Pengumpulan Data
Penelitian dilakukan dengan mengambil data dari observasi , wawancara dan dokumen-dokumen dari PAUD Cahaya Bunda Bukit Duri Jakarta Selatan
Model siklus yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan Arikunto (2008:3) yang terdiri dari: 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan (observing) 4) refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen itu dipandang sebagai satu siklus.

L.       Pemeriksaan Keabsahan data

M.     Teknik analisis data
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif analitik, yakni dengan mengungkapkan masalah-masalah yang dikaji dan kemudian dianalisis berdasarkan teori-teori yang ada  dan pengetahuan penulis.
Adapun teknis penulisan yang digunakan adalah kajian kepustakaan dan observasi terhadap proses pembelajaran PAUD yang selama ini dilakukan penulis.


Daftar Pustaka

Undang-undang no 20 tahun 2003
UU RI No. 14 Tahun 2005
Asmani , Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta : DIVA Press

Baraja, Abu Bakar. 2006 . Mendidik Anak Dengan Teladan. Jakarta : Studia Press

Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional

Departeman Pendidikan Nasional (2007). Standar Perkembangan Anak Lahir S.D 6 Tahun. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional

Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia (2002). Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Dan Pemuda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar