UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah
” Metodologi
Penelitian ”
Dosen
Pengampu:
Iswadi, M. Pd
PENGEMBANGAN
MOTORIK MELALUI LOMPAT TALI PADA
ANAK BKB PAUD ANGGREK BULAN KELAS B TAHUN 2016
NAMA PENELITI : NURALIMAH
NPM : 20158410212
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
KUSUMA NEGARA JAKARTA
2016
A. Latar belakang
Penelitian ini di awali oleh hasil
data pengamatan studi awal yangmenunjukkan kondisi motorik
anak BKB PAUD ANGGREK BULAN sangat kurang hal ini terbukti belum mampu melompat
dengan satu kaki, melompat dengan kedua kaki secara bersama-sama, melompat
dengan ketinggian 20-40 cm, menjaga keseimbangan badan, melompat dengan
berbagai variasi. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan peneliti ini adalah
meningkatkan motorik anak melalui bermain lompat tali.
Pada
dasarnya anak usia dini itu unik, aktif dan energik, memiliki rasa
keingintahuan yang teramat besar, kaya dengan fantasi, anak senang melakuan berbagai aktifitas,
terlebih lagi kalau anak dihadapkan pada suatu permainan yang menantang.
Keingintahuan anak yang besar merupakan salah satu pendorong bagi mereka untuk
terus melakukan aktifitas bermain tanpa mengenal kata lelah dan bosan.
Belajar
keterampilan motorik tidak akan terjadi sebelum sistem syaraf dan otot
berkembang dengan baik. Setiap keterampilan harus dipelajari secara individu,
dan sebaiknya keterampilan harus dipelajari satu demi satu. Sebagai contoh,
bila anak bermain lompat tali di Sekolah tidak ada bimbingan yang diberikan
oleh guru, maka keterampilan tersebut akan dipelajarinya lebih lambat bila
dibandingkan dengan anak yang sejak awal mendapatkan bimbingan dari guru. Anak
yang tanpa bimbingan pada awal menggunakan lompat tali kemungkinan akan kurang
berani, kurang keseimbangan dan akhirnya jatuh dari lompatan tali karena tidak
mengerti caranya. Bermain lompat tali merupakan suatu permainan yang dapat melatih
Kemampuan motorik kasar anak, dengan
melompat tali anak belajar menjaga keseimbangan tubuhnya agar tak mudah jatuh,
Dan anak dapat terampil mengkoordinasikan tangan dan kakinya serta anak belajar
keberanian dan belajar menjadi pribadi yang percaya diri di BKB Paud Anggrek
bulan.
Agar
kegiatan pengembangan kemampuan motorik dapat terlaksana dengan baik, maka anak
diharapkan memiliki perhatian dan daya tahan yang baik pula. Seperti percaya diri, disiplin, kecepatan
bereaksi, berkonsentrasi sesuai kemampuan anak.
Sebagai
upaya pengembangan kemampuan motorik pada anak usia 5-6Tahun di BKB PAUD
ANGGREK BULAN RW 09, maka saya tertarik untuk memotivasi anak didik agar motoriknya dapat berkembang dengan baik
sesuai harapan, karena perkembangan motorik merupakan salah satu bagian dari
pengembangan kemampuan dasar di PAUD.
Berdasarkan
hasil observasi dan diskusi penulis dengan kepala sekolah dan rekan guru di BKB
Paud ANGGREK BULAN RW 09, bahwa anak kelompok
“B” Usia 5-6 Tahun, masih banyak yang belum memiliki keseimbangan tubuh
dan rasa percaya diri yang baik terutama dalam bermain LOMPAT TALI. Mereka
masih merasa takut sehingga ketika melompat tali atau meminta Ibu guru memegang
tangan sewaktu melompat tali, hal ini yang melatar belakangi penulis melakukan
penelitian untuk menstimulasi kemampuan motorik anak melalui bermain lompat
tali.
Alasan
penulis menggunakan tali, karena tali merupakan alat yang dapat melatih motorik
anak, lompat tali juga merupakan permainan yang menantang dan dapat membuat
anak tertarik dan merasa senang.
Berdasarkan
uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul
“Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak melalui Bermain lompat Tali pada Anak Usia 5-6 Tahun di BKB PAUD Anggrek Bulan
Rw 09 kelurahan ciracas kecamatan ciracas, Jakarta Timur”
B. Fokus Penelitian
Penelitian difokuskan pada anak usia dini Bkb Paud
Anggrek Bulan kelompok B.
Dalam pengembangan motorik melalui lompat tali dengan
pengawasan guru serta bimbingan dari guru Bkb Paud Anggrek Bulan.
C.Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas,maka dapat dirumuskan
masalah penelitian adalah apakah bermain
lompat tali dapatmeningkatkan motorik anak kelompok bermain
B di Bkb Paud Anggrek Bulan
Masalah yang akan diteliti memiliki beberapa manfaat antara
lain :
1.Manfaat TeoritisSebagai bahan masukan pengembangan ilmu pendidikan terutama pendidikan bagi
anak usia dini dalam hal pengembangan motorik.
2.Manfaat Praktis
a.Bagi Peneliti, penelitian ini akan memberikan manfaat
yaitu pengalaman praktis dalam bidang penelitian ilmiah dan dapat membuktikan
bahwa pelaksanaan kegiatan bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik
pada anak Paud.
b.Bagi Guru, dapat dijadikan acuan dalam memilih metode,
media yang tepat dan bervariasi untuk pengembangan motorik bagi anak usia dini yang dilaksanakandilembaga
Paud.
c.Bagi Anak
Didik, dapat meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini.
d.Bagi Sekolah, dapat dijadikan masukan
dan informasiuntuk meningkatkan perkembangan kemampuan motorik anak didik.
DESKRIPSI KONSEPTUAL
Anak usia dini yaitu anak usia pra sekolah ( 0-6
tahun) berdasarkan berbagai penelitian masa ini adalah masa keemasan atau
golden age dan pada masa ini kecerdasan manusia ditentukan (Hariwijaya 2007:32)
Dengan adanya paud sehingga ia mampu membangun dirinya lingkungannya dan
bangsanya.
E.HASIL PENELITIAN YANG RELEVAN
Sebelum peneliti menemukan beberapa penelitian dengan
judul yang hampir sama, peneliti telah menelusuri beberapa skripsi terdahulu
yang membahas tentang motorik pada anak usia dini.
F.TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari
penelitian adalah untuk membuktikan peningkatan motorik anak usia dini kelompok
B di Bkb Paud Anggrek Bulan melalui bermain lompat tali.
G.METODE PENELITIAN
Peneliti menggunakan metode pendekatan kwalitatif
dengan mendapatkan data dari kegiatan bermain lompat tali di Bkb Paud Anggrek
Bulan.
H.TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di sekolah Bkb Paud Anggrek
Bulan RW09 Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas JAKARTA TIMUR selama satu bulan.
I. LATAR
PENELITIAN
Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami
pertumbuhan jasmani yang sangat pesat.Dalam beberapa bulan saja tinggi dan
berat badannya bertambah dengan cepat secara jelas .Hal tersebut dapat dilihat
pada pertumbuhan motorik,koordinasi otot-otot dan kecepatan jasmaniahnya
menunjukkan kemajuan - kemajuan yang mencolok (Depdiknas, 2007:1) Anak usia
dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun dimana pada rentang
usia ini anak mengalami masa keemasan (golden age)yang merupakan masa dimana
anak mulai peka/ sensitiv untuk menerima berbagai rangsangan . Masa peka pada
masing-masing anak berbeda, seiring laju pertumbuhan dan perkembangan anak
secara individual . Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan
psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan , masa ini
juga merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan kemampuan
motorik.
Dalam penelitian ini kegiatan bermain lompat tali
untuk meningkatkan motorik anak usia dini.
J. DATA
DAN SUMBER DATA
Data yang dikumpulkan berdasarkan kegiatan bermain
lompat tali pada 10 murid laki2 dan 5 murid perempuan di Bkb Paud Anggrek bulan
rw 09 kelurahan Ciracas kecamatan Ciracas JAKARTA TIMUR.
K. TEHNIK
PENGUMPULAN DATA.
Model siklus yg digunakan adalah model yg dikembangkan
oleh Arikunto ( 2008;) Menurut
Arikunto Teknik pengumpulan data Penelitian dilakukan
dengan pengambilan data dari
Perencanaan ( Planning ), Tindakan ( Acting ), Pengamatan ( Observing ),
Refleksi ( Reflection ). Hubungan keempat komponen ini dianggap satu siklus. Maka
peneliti mengambil data dari Bkb Paud Anggrek Bulan.
L. PEMERIKSAAN
KEABSAHAN DATA
Pemeriksaan keabsahan
data adalah uji kepercayaan terhadap
hasil penelitian data (Sugiono 2012).Selama penelitian dilaksanakan peneliti
akan mengambil data yang akurat dari kegiatan bermain lompat tali dengan
observasi, cek list, dokumentasi. Dangan
cara melakukan observai dari kelas B
yang berjumlah 15 anak, 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan jawaban dari para
guru yang berhubungan dengan produktivitas
M. TEHNIK
ANALISIS DATA
Metode yang digunakan adalah menganalisa data murid
Bkb Paud Anggrek Bulan pada kegiatan bermain lompat tali adalah metode etnografi.
Selama penelitian ini
dilakukan peneliti bertindak sebagai instrumen utama sehingga memiliki peran
yang sangat penting.
N. OBSERVASI
Wawancara
Saya telah
mewawancarai 2 orang guru PAUD Anggrek Bulan tentang anak yang melompat tali
anak-anak sangat senang dan dengan kegiatan ini, anak-anak ini dapat
pengembangan motorik.
O. Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar