here we are

here we are

Jumat, 06 Januari 2017

Proposal Penelitian PAUD Oleh Nuralimah


UJIAN TENGAH  SEMESTER (UTS)

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah

Metodologi Penelitian
Dosen Pengampu:
Iswadi, M. Pd

PENGEMBANGAN MOTORIK MELALUI LOMPAT TALI PADA ANAK BKB PAUD ANGGREK BULAN KELAS B TAHUN 2016
 


  
NAMA PENELITI : NURALIMAH

NPM         : 20158410212

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN  DAN  ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
                       KUSUMA NEGARA JAKARTA
2016





A. Latar belakang                                          
 Penelitian ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yangmenunjukkan kondisi motorik anak BKB PAUD ANGGREK BULAN sangat kurang hal ini terbukti belum mampu melompat dengan satu kaki, melompat dengan kedua kaki secara bersama-sama, melompat dengan ketinggian 20-40 cm, menjaga keseimbangan badan, melompat dengan berbagai variasi. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan peneliti ini adalah meningkatkan motorik anak melalui bermain lompat tali.
Pada dasarnya anak usia dini itu unik, aktif dan energik, memiliki rasa keingintahuan yang teramat besar, kaya dengan fantasi,  anak senang melakuan berbagai aktifitas, terlebih lagi kalau anak dihadapkan pada suatu permainan yang menantang. Keingintahuan anak yang besar merupakan salah satu pendorong bagi mereka untuk terus melakukan aktifitas bermain tanpa mengenal kata lelah dan bosan.
Belajar keterampilan motorik tidak akan terjadi sebelum sistem syaraf dan otot berkembang dengan baik. Setiap keterampilan harus dipelajari secara individu, dan sebaiknya keterampilan harus dipelajari satu demi satu. Sebagai contoh, bila anak bermain lompat tali di Sekolah tidak ada bimbingan yang diberikan oleh guru, maka keterampilan tersebut akan dipelajarinya lebih lambat bila dibandingkan dengan anak yang sejak awal mendapatkan bimbingan dari guru. Anak yang tanpa bimbingan pada awal menggunakan lompat tali kemungkinan akan kurang berani, kurang keseimbangan dan akhirnya jatuh dari lompatan tali karena tidak mengerti caranya. Bermain lompat tali merupakan suatu permainan yang dapat melatih Kemampuan motorik  kasar anak, dengan melompat tali anak belajar menjaga keseimbangan tubuhnya agar tak mudah jatuh, Dan anak dapat terampil mengkoordinasikan tangan dan kakinya serta anak belajar keberanian dan belajar menjadi pribadi yang percaya diri di BKB Paud Anggrek bulan.
Agar kegiatan pengembangan kemampuan motorik dapat terlaksana dengan baik, maka anak diharapkan memiliki perhatian dan daya tahan yang baik pula.  Seperti percaya diri, disiplin, kecepatan bereaksi, berkonsentrasi sesuai kemampuan anak.
Sebagai upaya pengembangan kemampuan motorik pada anak usia 5-6Tahun di BKB PAUD ANGGREK BULAN RW 09, maka saya tertarik untuk memotivasi anak didik agar  motoriknya dapat berkembang dengan baik sesuai harapan, karena perkembangan motorik merupakan salah satu bagian dari pengembangan kemampuan dasar di PAUD.
Berdasarkan hasil observasi dan diskusi penulis dengan kepala sekolah dan rekan guru di BKB Paud ANGGREK BULAN RW 09, bahwa anak kelompok  “B” Usia 5-6 Tahun, masih banyak yang belum memiliki keseimbangan tubuh dan rasa percaya diri yang baik terutama dalam bermain LOMPAT TALI. Mereka masih merasa takut sehingga ketika melompat tali atau meminta Ibu guru memegang tangan sewaktu melompat tali, hal ini yang melatar belakangi penulis melakukan penelitian untuk menstimulasi kemampuan motorik anak melalui bermain lompat tali.
Alasan penulis menggunakan tali, karena tali merupakan alat yang dapat melatih motorik anak, lompat tali juga merupakan permainan yang menantang dan dapat membuat anak tertarik dan merasa senang.
Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak melalui Bermain lompat Tali pada  Anak Usia 5-6 Tahun di BKB PAUD Anggrek Bulan Rw 09 kelurahan ciracas kecamatan ciracas, Jakarta Timur”

B. Fokus Penelitian
Penelitian difokuskan pada anak usia dini Bkb Paud Anggrek Bulan kelompok B.
Dalam pengembangan motorik melalui lompat tali dengan pengawasan guru serta bimbingan dari guru Bkb Paud Anggrek Bulan.

C.Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas,maka dapat dirumuskan masalah penelitian adalah apakah bermain lompat tali dapatmeningkatkan motorik anak kelompok bermain B di Bkb Paud Anggrek Bulan

Masalah yang akan diteliti memiliki beberapa manfaat antara lain :
1.Manfaat TeoritisSebagai bahan masukan pengembangan ilmu pendidikan terutama pendidikan bagi anak usia dini dalam hal pengembangan motorik.

2.Manfaat Praktis
a.Bagi Peneliti, penelitian ini akan memberikan manfaat yaitu pengalaman praktis dalam bidang penelitian ilmiah dan dapat membuktikan bahwa pelaksanaan kegiatan bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik pada anak Paud.
b.Bagi Guru, dapat dijadikan acuan dalam memilih metode, media yang tepat dan bervariasi untuk pengembangan motorik bagi anak usia dini yang dilaksanakandilembaga Paud.
c.Bagi Anak Didik, dapat meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini.
d.Bagi Sekolah, dapat dijadikan masukan dan informasiuntuk meningkatkan perkembangan kemampuan motorik anak didik.

DESKRIPSI KONSEPTUAL
Anak usia dini yaitu anak usia pra sekolah ( 0-6 tahun) berdasarkan berbagai penelitian masa ini adalah masa keemasan atau golden age dan pada masa ini kecerdasan manusia ditentukan (Hariwijaya 2007:32) Dengan adanya paud sehingga ia mampu membangun dirinya lingkungannya dan bangsanya.

E.HASIL PENELITIAN YANG RELEVAN
Sebelum peneliti menemukan beberapa penelitian dengan judul yang hampir sama, peneliti telah menelusuri beberapa skripsi terdahulu yang membahas tentang motorik pada anak usia dini.

F.TUJUAN PENELITIAN
 Tujuan dari penelitian adalah untuk membuktikan peningkatan motorik anak usia dini kelompok B di Bkb Paud Anggrek Bulan melalui bermain lompat tali.

G.METODE PENELITIAN
Peneliti menggunakan metode pendekatan kwalitatif dengan mendapatkan data dari kegiatan bermain lompat tali di Bkb Paud Anggrek Bulan.

H.TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di sekolah Bkb Paud Anggrek Bulan RW09 Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas JAKARTA TIMUR selama satu bulan.



I.                   LATAR PENELITIAN

Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami pertumbuhan jasmani yang sangat pesat.Dalam beberapa bulan saja tinggi dan berat badannya bertambah dengan cepat secara jelas .Hal tersebut dapat dilihat pada pertumbuhan motorik,koordinasi otot-otot dan kecepatan jasmaniahnya menunjukkan kemajuan - kemajuan yang mencolok (Depdiknas, 2007:1) Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun dimana pada rentang usia ini anak mengalami masa keemasan (golden age)yang merupakan masa dimana anak mulai peka/ sensitiv untuk menerima berbagai rangsangan . Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual . Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan , masa ini juga merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan kemampuan motorik.
Dalam penelitian ini kegiatan bermain lompat tali untuk meningkatkan motorik anak usia dini.

J.                  DATA DAN SUMBER DATA

Data yang dikumpulkan berdasarkan kegiatan bermain lompat tali pada 10 murid laki2 dan 5 murid perempuan di Bkb Paud Anggrek bulan rw 09 kelurahan Ciracas kecamatan Ciracas JAKARTA TIMUR.

K.                 TEHNIK PENGUMPULAN DATA.

Model siklus yg digunakan adalah model yg dikembangkan oleh Arikunto ( 2008;) Menurut Arikunto Teknik pengumpulan data Penelitian dilakukan dengan pengambilan data dari Perencanaan ( Planning ), Tindakan ( Acting ), Pengamatan ( Observing ), Refleksi ( Reflection ). Hubungan keempat komponen ini dianggap satu siklus.  Maka peneliti mengambil data dari Bkb Paud Anggrek Bulan.

L.                  PEMERIKSAAN KEABSAHAN DATA

Pemeriksaan keabsahan data adalah  uji kepercayaan terhadap hasil penelitian data (Sugiono 2012).Selama penelitian dilaksanakan peneliti akan mengambil data yang akurat dari kegiatan bermain lompat tali dengan observasi, cek list,  dokumentasi. Dangan cara melakukan observai dari kelas B  yang berjumlah 15 anak, 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan jawaban dari para guru yang berhubungan dengan produktivitas

M.     TEHNIK ANALISIS DATA

Metode yang digunakan adalah menganalisa data murid Bkb Paud Anggrek Bulan pada kegiatan bermain lompat tali adalah metode etnografi.

Selama penelitian ini dilakukan peneliti bertindak sebagai instrumen utama sehingga memiliki peran yang sangat penting.

N.                 OBSERVASI

Wawancara
Saya telah mewawancarai 2 orang guru PAUD Anggrek Bulan tentang anak yang melompat tali anak-anak sangat senang dan dengan kegiatan ini, anak-anak ini dapat pengembangan motorik.

O. Dokumentasi










Tidak ada komentar:

Posting Komentar